11 Mei 2011

Voice Search Segera Muncul di Google.com

Google telah mulai melakukan uji coba integrasi voice search dengan Google.com. Ini berarti Google tengah menyiapkan search engine itu untuk bisa mencari berdasarkan suara yang di-input ke dalamnya.


Fitur ini muncul pertama kali pada Senin lalu (2 Mei). Voice search akan mendeteksi setting microphone pada komputer agar selanjutnya bisa membuka ‘Speak now’ widget. Widget itu untuk mendeteksi kata yang dimasukkan user melalui microphone dan kemudian mentranskripsinya pada sebuah search query.


Pengguna ponsel Android pastinya telah mengenal Google Voice Search. Fitur ini bisa dijumpai di Google Search widget. Google Voice Search yang ada di ponsel Android bahkan mampu menerjemahkan ‘voice commands into actions’. Sebagai contoh, dengan mengatakan ‘Arah ke Tugu Monas Jakarta’, maka ponsel akan menunjukkan arah ke bangunan terkenal di Jakarta itu. Google pun telah bekerja keras untuk memperbaiki fungsi Voice Search sehingga lebih tepat sasaran. Sekarang fitur tersebut bahkan telah bisa mengenali input dalam bahasa Mandarin.



Saat Anda searching menggunakan voice maka hal itu akan memudahkan dan menghemat waktu dibanding harus mengetik. Para pengguna Android mengatakan fitur itu sangat membantu mereka meskipun kadang akan terasa aneh jika dipraktekkan di ruangan, di kantor misalnya.

Google-pun telah mengkonfirmasi adanya uji coba Voice Search pada situs Google.com. Juru bicara Google mengatakan mereka sedang bereksperimen dengan sejumlah fitur baru. Kapan rilis resminya, kita tunggu konfirmasi berikutnya.



Sumber: gopego.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar