15 April 2011

Membuat URL Shorteners

Beberapa dari Anda mungkin telah menyadari bahwa telah banyak perusahaan, organisasi atupun perorangan menggunakan URL Shorteners tersendiri semisal pep.si, yhoo.it, 4sq.com, cs.pn dan nyti.ms, atau seperti yang saya gunakan rdhn.tk.
Mungkin anda tidak akan menyangka bahwa itu adalah layanan gratisan versi PRO yang di berikan oleh bit.lyLangkah-langkah untuk membuat URL Shortener Anda sendiri cukup mudah tapi saya pikir saya akan memandu Anda secara step-by-step seperti yang telah saya lakukan. (website pemberi jasa Shorteners URL terfavorit), lalu bagaimana cara kita mendapatkannya?

1. Request akun Bit.ly Pro

Saat ini, akun bitly.Pro hanya diberikan kepada mereka yang memintanya. Anda bisa request formulirnya di sini. Anda mungkin harus menunggu selama satu atau dua minggu untuk mendapatkan verifikasi akun Bit.ly Pro anda, akan tetapi yang saya alami hanya dalam waktu 3 (tiga) hari saja, mungkin lagi nganggur adminnya, :p. So why not go ahead and get it out of the way?

2. Pilih & Daftarkan Domain Anda
Silahkan klike NameCheap.com atau Domai.nr dan temukan domain yang cocok untuk anda. Anda mungkin akan memilih domain selain com,. karena kebanyakan dari .com sudah diambil. Beberapa ekstensi domain yang besar untuk ini .co (brand new!), .me, atau mungkin berupa inisial dari nama situs Anda (seperti rdhn.tk menggunakan Free Domain .tk)..

Ingat: Shorter is better! Cobalah untuk menemukan domain yang Anda sukai, mewakili Anda, website Anda, atau merek dagang Anda (untuk Korporasi). Berhati-hatilah, TLDs (Top Level Domain) yang berbeda dari yang biasa harganya bisa jauh lebih mahal. Mungkin domain.com Lebih murah. domain HN, misalnya, biaya registrasinya $ 138 per tahun! Memang, Tidak semua mahal. You’ll just have to shop around, and be creative!

Kemudian lanjutkan ke registrar pilihan Anda atau situs terkait di atas untuk memesan domain Anda.

3. Point your Doman to bitly.Pro
Setelah Anda memiliki domainnya, sekarang anda harus benar-benar menunjuk ke server Bit.ly ‘sehingga mereka dapat mengarahkan URL singkat untuk Anda. Anda harus membuat sebuah ‘A-record‘ dan arahkan ke server mereka (168.143.174.97).


*hostname diisi nama Domain anda yg tadi sudah diregistrasikan tanpa www, contoh: rdhn.tk

Pastikan bahwa alamat IP 168.143.174.97. dan untuk TTL biarkan default.

4. Tambahkan Short Domain Anda di akun bitly.Pro anda
Cukup login ke bitly.Pro dan menambahkan domain kustom singkat Anda. Ini akan memastikan bahwa Anda telah mengkonfigurasi domain dengan benar, dan kemudian Anda telah siap ber-shorten URL ria….

5. Gunakan Custom URL Shortener anda!!!

sumber: kompasiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar