18 April 2011

Foto yang Bercerita Duka

Dari sebuah photo banyak kisah yang sarat dengan makna baik yang tersirat maupun tersurat,beberapa photo di bawah ini sebagian besar bermakna kepedihan hidup karena nafsu serakah dan ego manusia. Peperangan, kelaparan, diskriminasi dan kesewenang-wenangan segelintir manusia membuat photo-photo ini yang seharusnya tidak ada menjadi ada.

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, tapi menciptakan kedamaian seharusnya bukanlah suatu hal yang tidak mungkin, jika nafsu angkara murka masih bersemayam di lubuk hati manusia maka photo-photo ini akan berlanjut edisi nya di kemudian hari, jika kita bisa menciptakan kedamaian mudah-mudahan photo-photo pedih seperti ini akan berhenti cukup di sini.

1. Stricken Child Crowling Towards a Food Camp (1994)












Photo ini berhasil mendapat penghargaaan Pulitzer. Photo ini diambil pada tahun 1994, pada saat bencana kelaparan di Sudan. Yang menggambarkan seorang anak merangkak menuju sebuah kamp Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang terletak beberapa kilometer. Dan juga seekor burung bangkai yang sedang menunggu anak itu mati untuk dimakan.
Photo ini membuat terkejut seluruh dunia. Tidak ada seorangpun yang tahu apa yang terjadi pada anak itu, termasuk si fotograper Kevin Carter yang meninggalkan tempat segera setelah photo diambil.

Tiga bulan kemudian Kevin Carter melakukan bunuh diri karena depresi.
Photographer : Kevin Carter

2. Tourist Guy (2001)













Photo yang diambil tanggal 11 September 2001. Turis di poto ini adalah Peter Guzli. Ada pihak yang menyatakan bahwa gambar tersebut berasal dari kamera yang ditemukan di reruntuhan di Ground Zero.
Photo ini memenangkan penghargaan best 9/11 Photoshopped picture contest.
Photographer: Photoshop

3. Burning Monk – The Self-Immolation (1963)













Juni, 11 1963. Thich Quang Duc, Biksu Buddha Vietnam membakar dirinya hidup2 sampe mati di tengah jalan. Dia melakukan itu sebagai bentuk protes terhadap tindakan represif pemerintah Vietnam selatan dan meminta persamaan hak umat Buddha dengan umat Katolik
Photographer : Malcolm Browne

4. The Power of One (2007)













Photo ini berhasil meraih Pulitzer Breaking News Photography 2007.
Testimoni buat photo ini :
“Awarded to Oded Balilty of The Associated Press for his powerful photograph of a lone Jewish woman defying Israeli security forces as they remove illegal settlers in the West Bank”.
Photographer : Oded Balilty (Associated Press)

5. Palestinian Martyr (2000)















Photo ini aslinya bukan dari jepretan kamera. Tapi dari screen shoot video. Yang menggambarkan momen dimana seorang warga Palestina Jamil ad-Durra sedang berusaha melindungi anaknya dari hujan peluru tentara Israel.

Reporter TV dari BBC yang mengambil gambar cuma bisa pasrah menyaksikan Jamil ad-Dura beserta anaknya Mohammed terjebak dan hanya bersembunyi dibalik tong diantara kontak senjata tentara Israel dengan milisi Palestina.

Mohammed meninggal dalam peristiwa ini. Sedangkan Jamil ad-Durra selamat dengan luka serius. Supir ambulans yang berusaha menolong mereka juga tewas
Image from : BBC

6. Lunch in top a Skyscraper (1932)

















Menggambarkan 11 orang pekerja yang sedang menikmati santap siang di lantai 69 gedung GE. Photo ini diambil pada 29 September, 1932. Dan ditampilkan New York Herald Tribune Sunday Photo Supplement pada tanggal 2 Oktober.
Photographer : Charles C. Ebbets

7. Reichstag Flag (1945)















Dua tentara Uni Sovyet Raqymzhan Qoshqarbaev dan Georgij Bulatov mengibarkan bendera diatas atap gedung Reichstag Berlin, Jerman, May 1945. Menandakan kekalahan Jerman di Front Timur.

Photographer : Yevgeny Khaldei (1917-1997)

8. Fire on Marlborough Street (1975)


















Diana Bryant dan anaknya yang masih kecil terjun karena panik akibat kebakaran. Diana Bryant tewas sedangkan anaknya selamat karena dapat ditangkap oleh seorang anggota pemadam kebakaran.
Photo ini mendapat penghargaan Pulitzer dan merubah standar prosedur penyelamatan Dinas Pemadam kebakaran di kemudian hari.
Photographer : Stanley J. Forman

9. Segregated Water Fountains (1950)













Photo yang menggambarkan pemisahan keran air minum bagi warga kulit putih dan kulit berwarna di North Carolina, USA.
Photographer : Elliott Erwitt

10. The Plight of Kosovo Refugees (1999)













Photo ini masuk nominasi penghargaan Pulitzer. Photo ini menceritakan bagaiman pengungsi kosovo memindahkan Agim Shala seorang bocah berusia 2 tahun melewati pagar berduri.
Photographer : Carol Guzy Source (washingtonpost.com)

11. Tiananmen Square (1989)













Ini foto yang paling terkenal dan pasti banyak yang pernah melihat foto ini. Diambil pada saat demo mahasiswa di Tiananmen Square. Setelah momen ini Tiananmen Square berubah jadi lautan darah.
Photographer : Stuart Franklin Magnum

12. Oklahoma City Bombing (1995)



















Pulitzer Prize for Spot News Photography in 1996.
Pada pukul 9:02 19 April 1995. Timothy McVeigh, veteran perang Teluk meledakkan bom berkekuatan 4800 lbs. Hasilnya meluluhlantakkan Gedung Pemerintah Federal Alfred P. Murrah dan menewaskan 168 orang. Peristiwa ini tercatat sebagai salah satu serangan teroris terburuk dalam sejarah Amerika.

Photographer : Charles Porter

sumber: kompasiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar