15 Juli 2011

Adu Penalti: Penjaga Gawang Cenderung Bergerak ke Kanan

Para ilmuwan dari University of Amsterdam berhasil membuat penemuan yang cukup menjanjikan setelah melihat setiap adu penalti dalam Piala Dunia 1982 - 2010. Awalnya mereka melihat bahwa penjaga gawang begerak sama banyaknya baik ke kanan maupun ke kiri. Namun saat tim dalam keadaan tertinggal terutama selama adu penalti, penjaga gawang akan cenderung bergerak ke kanan untuk mengamankan pertandingan.

Inggris kalah dari Portugal dalam adu penalti di perempat final Piala Dunia 2006. Ketika itu penjaga gawang Inggris, Paul Robinson bergerak ke kanan tetapi Cristiano Ronaldo menempatkan bola ke sisi kiri penjaga gawang. Saat itu pertandingan berakhir tanpa gol baik dalam babak utama selama 90 menit dan babak tambahan 30 menit. Setelah empat tendangan penalti dari kedua tim, Portugal unggul 2-1. Ronaldo sebagai penendang ke-5 berhasil membuat gol yang akhirnya membawa Portugal menang 3-1 dan melaju ke semifinal.


Pemain Inggris lain, Jamie Carragher (Piala Dunia 2006), Gareth Southgate (1996) dan Stuart Pearce (1990) semuanya gagal dalam tendangan penalti karena penjaga gawang tim lawan bergerak ke arah kanan.



Para ilmuwan tersebut mengatakan bahwa manusia dan hewan memiliki 'right-orientated brains' dan keputusan untuk bergerak ke arah kanan.

Dalam studi sebelumnya, ditemukan bahwa anjing akan mengibaskan ekornya lebih banyak ke arah kanan saat bertemu tuannya, menyerang ke arah kanan untuk mendapatkan mangsa. Dan manusia secara general juga menggerakkan kepala ke kanan saat berciuman.

Peneliti Marieke Roskes, dari University of Amsterdam mengatakan, "Penjaga gawang adalah satu-satunya pemain yang bisa memperoleh kembali kesempatan untuk memenangkan pertandingan, sehingga dia memiliki kesempatan untuk menjadi pahlawan. Dan sungguh menarik bahwa dalam kondisi yang sangat penting tersebut, manusia masih terpengaruh oleh faktor biologis. Dan kami berharap penelitian ini akan membantu tim nasional Belanda untuk memenangi Piala Dunia yang akan datang"

sumber: dailymail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar