11 Juli 2011

Kendaraan Hibrida dan Listrik Wajib Bersuara


Makin besar populasi kendaraan berteknologi hibrida dan listrik murni di jalanan Amerika Serikat membuat Badan Keselamatan Jalan dan Lalu Lintas Amerika Serikat (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA) khawatir. Pasalnya, jenis kendaraan ini melaju tanpa suara, sehingga memicu ancaman bagi pejalan kaki. Lembaga itu kemudian mengusulkan regulasi agar kendaraan hibrid (dari semua jenis) harus dilengkapi suara tambahan.

"Meskipun kita sudah melangkah jauh dengan kendaraan listrik dan hibirda, tetap keamanan menjadi nomor satu. Makin senyap sebuah kendaraan, makin berpotensi bahaya bagi pejalan kaki," jelas David Strickland NHTSA Administrator, seperti dilansir bloomberg, jelang akhir pekan lalu.

Usulan NHTSA bukan tanpa alasan. Dari sejak pembahasan yang dilakukan Juni 2008 sampai Oktober 2009, tercatat jumlah pejalan kaki yang mengalami kecelakaan oleh kendaraan hibrida meningkat daripada mobil konvensional.

NHTSA harus memerinci seperti apa standar yang diperlukan setiap kendaraan. Dua hal yang pasti, sistem suara ini aktif otomatis tanpa harus dioperasikan oleh pengemudi dan setiap kendaraan harus punya suara yang standar yang sama. Di Jepang, juga ada usulan penambahan sistem suara tambahan pada tahun lalu juga untuk kendaraan hibrida, listrik dan fuel-cell.

sumber: kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar