05 Juli 2011

Bunuh Hama Tanaman dengan Semprotan Bawang


SEMPROTAN yang terbuat dari bawang putih mulai digunakan petani organik di daerah tropis Indonesia sebagai metode alami untuk mengendalikan hama tanaman.

Yayi Kusumah, seorang ahli virus serangga dari Institut Pertanian Bogor (IPB), menyebutkan seorang petani menyemprot pestisida setiap minggu. Ini tidak baik bagi lingkungan atau petani.

Anak-anak Indonesia sangat berisiko dengan penggunaan pestisida, terutama yang tinggal di pertanian. Iritasi kulit menjadi masalah umum.

Sayangnya, petani dan pemerintah melihat sedikitnya pemecahan alternatif, karena memiliki 240 juta mulut untuk diberi makan.

Karena itu, dengan bantuan dari US Agency for International Development (USAID), Aunu Rauf, profesor di IPB, dan Yayi telah menyampaikan petani Indonesia tentang cara-cara konvensional untuk melindungi tanaman.

Misalnya, dengan menumbuk kombinasi dari bawang putih, bawang merah, cabai, dan kulit jeruk menjadi pasta. Dengan menambahkan air, para petani membuat semprot alami untuk sayuran mereka.

Cara tersebut baik untuk lingkungan dan hasilnya lebih tinggi. Di pasar, petani dapat mematok harga lebih dari dua kali untuk produk organik. Terlebih lagi, dengan menghilangkan penggunaan pestisida, petani memotong biaya sebesar 20 sampai 30 persen.

Dibiayai dengan hibah US$15 juta dari Washington, upaya untuk menyebarkan teknologi hijau pengendalian hama akan berlanjut selama setidaknya empat tahun lagi.

sumber: media indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar