20 Juli 2011

Ice Cream Sandwich, Android 3.5 atau 4.0?


Google sepertinya masih bingung soal penamaan versi sistem operasi mobile terbarunya, Ice Cream Sandwich. Mau disebut sebagai Android 3.5 atau 4.0?

Salah seorang senior engineer Google, Takeshi, yang ditemui detikINET mengaku jika sang raksasa internet tersebut masih belum menentukan soal nama versi penerus keluarga Android terbaru tersebut.

"Kita sebenarnya masih belum tahu versi Ice Cream Sandwich. Ingin disebut Android 3.5 atau 4.0? Mungkin setelah nantinya bakal dirilis ke pasaran kita baru bisa menentukan pilihan," tukas Takeshi, kepada detikINET di sela ajang Google Mobile Revolution yang berlangsung di Tokyo, Jepang.

Android Ice Cream Sandwich sendiri rencananya baru akan dirilis pada kuartal keempat 2011. Dipastikan, ia akan berjalan untuk perangkat genggam dan tablet PC.

"Di Ice Cream Sandwich kita akan menemui sejumlah fitur yang tidak ada di OS Android sebelumnya untuk berjalan di perangkat genggam," imbuh Takeshi.

Kiprah Android sendiri mulai populer lewat Android 1.5 yang memiliki nickname Cupcake. Kemudian dilanjutkan dengan Android 1.6 (Donut), Android 2.0/2.1 (Eclair), Android 2.2 (Froyo alias Frozen Yogurt), Android 2.3 (Gingerbread), Android 3.0 (Honeycomb), dan yang tergress adalah Ice Cream Sandwich yang belum ditentukan untuk Android versi berapa.

Tradisi yang dijaga Google soal penamaan sistem operasi Android adalah mereka selalu menggunakan nama makanan penutup sebagai kode nama. Selain itu nama depan dari nickname tersebut juga berurutan, dimulai dari C (Cupcake)-D-F-G-H, dan terakhir I (Ice Cream Sandwich).

sumber: detikinet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar